Something Wrong!!

November 12, 2008 at 7:11 am 1 komentar

INILAH.COM, Jakarta – KPU Jawa Timur telah mengumumkan pasangan Soekarwo dan Saifullah Yusuf (Karsa) sebagai pemenang dalam Pilgub Jawa Timur. Namun kemenangan tersebut dinilai aneh oleh Lembaga Survei Nasional.

 

“Ini ada something wrong. Setelah keluar angka quick count, ada dugaan kecurangan. Kubu Karsa melakukan berbagai upaya.” kata Direktur Eksekutif LSN Umar S Bakry kepada INILAH.COM, Jakarta, Rabu (12/11).

 

Dituturkan Umar, dugaan itu ia dengar dari relawan LSN setelah penghitungan cepat dari berbagai lembaga survei di Jatim yang memenangkan KaJi. Salah satunya yang dilakukan Karsa adalah dengan sangat terbuka mengubah suara di wilayah Tapal Kuda dan Madiun.

 

“Tindakan itu dilakukan dengan sangat telanjang dan semua orang mengetahui itu,” ucap Umar.

 

Bagi Umar, tindakan itu dilakukan karena daerah Jatim merupakan proyek nasional antara pertemuan SBY dengan Mega. Jika dibandingkan dengan Amerika, Jatim merupakan negara bagian Pennsylvania.

 

“Di Indonesia Jatim itu barometer. Sehingga semua upaya dikerahkan SBY. Sampai tentara mengamankan KPU, sangat telanjang sekali untuk mengamankan Jatim dari SBY,” ujar Umar.

 

Mengenai kemenangan Kasra, menurut Umar sangat tidak masuk akal. Sebab, dari lembaga survei yang melakukan pemantauan terhadap Pilgub Jatim, semuanya memenangkan KaJi.

 

“Kalau secara metodelogi hitung cepat Pilgub Jatim tidak ada yang salah,” cetus Umar.

 

Dituturkan Umar, pada penghitungan cepat pilkada Jatim itu, survei yang dilakukan LSN memiliki sampling error plus minus 1% dan tingkat kepercayaan 95%.

 

Namun, lanjut Umar, sampling error yang 1% tersebut merupakan konsekuensi dari kandidat cagub dan cawagub cuma dua.

 

“Itu tidak terjadi pada 3 atau 4 pasangan cagub dalam pilkada,” ujar Umar.

 

Menurut perhitungan KPU Jatim, duet KarSa memeroleh suara 7.729.944, unggul tipis dari perolehan suara pasangan KaJi yang hanya mencapai 7.669.721. Kemenangan Karsa terletak di 22 Kabupaten/Kota, sedangkan Kaji hanya menguasai 16 Kabupaten/Kota.

 

Karsa berhasil mengusai sebagian Mataraman dan Tapal Kuda sedangkan KaJi di wilayah sebagian di wilayah Mataraman dan Arekan. Dalam pilkada ini, tercatat hanya 53,5% warga Jatim yang menggunakan hak suaranya. Sementara sisanya 46,5% golput.[jib/ana]

Iklan

Entry filed under: berita, poltik, quick count. Tags: .

Probabilitas Quick Count Fatayat NU: Jangan Pilih SBY!

1 Komentar Add your own

  • 1. Slamet Rahardjo  |  November 12, 2008 pukul 9:17 am

    Suatu keanehan, kalo lembaga survey seperti Lingkaran Survey Indonesia, Lembaga Survey Indonesia, Puskaptis, memberikan hasil menang buat pas Kaji semua, tapi akhirnya error semua..
    Tidak mudah menyetir lembaga survey independent (yg mgk kali ini tdk independen), kecuali tangan2 kekuasaan, atau UANG BESAR ??

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

November 2008
S S R K J S M
    Des »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

Most Recent Posts


%d blogger menyukai ini: