Fatayat NU: Jangan Pilih SBY!

November 18, 2008 at 1:43 am 2 komentar

14/11/2008 14:29
Fatayat NU: Jangan Pilih SBY!
Ahluwalia & Hery Nugroho
 
Khofifah Indar Parawansa
(inila.com/Raya Abdullah)
 

INILAH.COM, Surabaya – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur tampaknya berbuntut panjang. Ada yang menduga Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berpihak. Tak pelak, perempuan nahdliyin mengancam tak memilih SBY pada Pilpres 2009.

Suara kaum perempuan Nahdlatul Ulama Jatim terkait kisruh Pilkada itu tak main-main. Mereka yang tergabung dalam organisasi Fatayat NU, merasa geram terhadap sikap SBY tersebut.

Pada Pilkada tersebut, pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf (KarSa), dimenankan KPUD setempat atas duet Khofifah Indar Parawansa-Mudjiono (KaJi). Selisihnya sangat tipis, hanya 0,4% suara. Padahal, hasil hitung cepat yang dilakukan sejumlah lembaga survei, sore setelah pencoblosan berlangsung, KaJi unggul meski juga dengan selisih tipis.

Inilah yang membuat munculnya desas-desus tentang pengaruh istana dalam menentukan siapa pemenang Pilkada Jatim. Pasalnya, KarSa adalah kandidat yang sejak awal diusung Partai Demokrat, parpol yang melambungkan SBY ke kursi RI 1, empat tahun lalu.

Ini pula yang mendasari syakwasangka kalangan Fatayat NU. Tak main-main, mereka mengancam tak akan memilih SBY dalam Pilpres 2009. Mereka menilai SBY tidak netral pada proses Pemilihan Gubernur Jatim.

Mereka menilai, keberpihakan SBY pada pasangan KarSa telah sampai ke warga NU se-Indonesia. Karena itu, sebagai bentuk kekecewaan, mereka tak akan mendukung SBY pada Pilpres 2009.

Dari total 29 juta pemilih Jatim yang berhak mengikuti pilkada maupun Pemilu 2009, diperkirakan sepertiganya merupakan kalangan perempuan nahdliyin yang dihimpun ke dalam organisasi Fatayat NU. “Warga nahdliyin dari kalangan perempuan di Jatim maupun seluruh Indonesia, tak akan memilih SBY. Kami akan kampanye, agar tidak memilih SBY,” kata Ketua Fatayat NU Jawa Timur, Farida Hanum.

Beberapa hari terakhir, banyak kader NU dari berbagai wilayah yang gelisah, karena SBY dinilai telah berpihak kepada salah satu calon, yakni KarSa. “Akibatnya, tak hanya di Jatim, di seluruh Indonesia, SBY akan ditolak,” kata aktivis perempuan NU ini.

SBY mereka tuding juga menggerakkan birokrasi dari tingkat provinsi sampai kabupaten dan kecamatan untuk mendukung KarSa. Bahkan SBY mereka curigai mengumpulkan pengusaha China dan pribumi Jatim untuk mendukung KarSa.

Dengan kecurangan yang membuat Khofifah tersudut dalam Pilkada Jatim, para aktivis Fatayat NU tidak terima atas apa yang mereka sebut sebagai intervensi SBY dan orang-orangnya yang menyudutkan Ketua Umum Muslimat NU itu, yang telah mempunyai akar yang sangat kuat di semua wilayah Indonesia.

“Jika SBY tak intervensi ke Mahkamah Konstitusi (MK), kami yakin menang,” kata pendukung Khofifah ini. Jika Khofifah kalah, jelasnya, intervensi SBY berarti sudah sampai ke MK.

Kekecewaan kader organisasi perempuan NU akan terobati, jika SBY tak intervensi pada gugatan pasangan KaJi ke Mahkamah Konstitusi. Tim Khofifah membawa bukti ratusan ribu kecurangan suara ke MK sebagai bukti telah terjadi distorsi dan pelanggaran yang merugikan mereka.

Berdasarkan hasil penghitungan cepat (quick count) beberapa lembaga survei seperti LSI, LSN, SSC, dan Puskaptis, pasangan KaJi unggul dibandingkan pasangan KarSa, dengan rata-rata perolehan suara 50,6% berbanding 49,3%. Publik masih ingat pula, bahwa sehari menjelang pencoblosan, pasangan Khofifah-Mudjiono dikepung kampanye hitam bernada SARA. Namun kampanye hitam yang semakin gencar ini tak membuat duet itu gentar, bahkan meyakini kemenangan mereka. [I4]

Sumber : inilah.com

Iklan

Entry filed under: berita, poltik. Tags: , , , , , , , , , , , , .

Something Wrong!! Inilah Gubernur Baru Jatim

2 Komentar Add your own

  • 1. Farida  |  November 19, 2008 pukul 1:39 pm

    Fatayat, Muslimat, memang seyogyanya jangan pilih SBY di Pilpres 2009..

    Balas
  • 2. fuad  |  November 27, 2008 pukul 7:41 am

    jangan didengarkan omongan provokator dari Farida di atas, niat baik tapi caranya salah

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

November 2008
S S R K J S M
    Des »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

Most Recent Posts


%d blogger menyukai ini: