Gugatan KaJi di MK

November 25, 2008 at 6:13 am 4 komentar

Gugatan Kaji Telah Didaftarkan ke MK Jakarta– Sebanyak 25 anggota Tim Pengacara Pembela Demokrasi dan Keadilan Jatim yang mewakili pasangan Kaji, resmi mendaftarkan gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Kami sudah mendaftarkan perkara perselisihan suara ke MK dan secara formal sudah mendapatkan tanda terima. Secara formal dan materiil sudah memenuhi persyaratan sehingga mendapatkan nomor urut perkara 41/PHPU/VI/2008. Ini adalah upaya kami dalam menempuh jalur hukum, ini merupakan perselisihan di Jawa Timur dan harus diselesaikan,” kata koordinator tim pengacara Kaji, M Makruf di gedung MK, Jakarta, Jumat (14/11/2008).

Makruf menyatakan, timnya siap jika dipanggil kapanpun oleh MK untuk menjalani persidangan. Sedang mengenai bukti yang dilaporkan, Makruf menyatakan akan menunjukkan pada saat persidangan.

“Tim kami baru menyediakan 20% dari seluruh dokumen bukti. Kalau ditanya apa saja, bukti kami adalah bukti yang sah menurut hukum. Jadi yang kita pakai, adalah model rekapitulasi dengan model DC di tiap-tiap TPS. Dokumen itu sedang dibawa ke Jakarta,” jelasnya.

Pendaftaran ini diterima oleh Kepala Biro Administrasi Penanganan Perkara dan Persidangan MK Kasianur.

“Setelah diteliti, laporan dari tim Kaji masih memenuhi UU dan peraturan MK, sehingga berkas itu kami terima hari ini pukul 14.30 WIB. Kami usahakan bisa mengeluarkan akta registrasi secepat mungkin dan sidang akan digelar secepatnya 3 hari kerja setelah permohonan diajukan ke MK. oleh karena itu, kuasa hukum harus siap-siap dipanggil MK,” kata Kasianur.

Seperti diketahui, dari hasil penghitungan suara Pilgub Jatim putaran II KPUD Jatim, pasangan Kaji memperoleh 7.669.721 suara (49,80 persen), dan pasangan Karsa 7.729.944 suara (50,20 persen).

Dari suara sah sebanyak 15.399.665, terdapat 506.343 suara tidak sah. Dengan hasil itu, pasangan Karsa unggul tipis 60.233 suara atau 0,40 persen dibanding pasangan Kaji. [Inilah.com/bj2]

Iklan

Entry filed under: berita, poltik, quick count, Uncategorized. Tags: , , , , , , , , .

Inilah Gubernur Baru Jatim Sadapan Telepon Yang Menghebohkan!!

4 Komentar Add your own

  • 1. Farida  |  November 25, 2008 pukul 6:17 am

    Bukti dan Saksi Lengkap, Khofifah Yakin Menang

    Jakarta-Sidang Mahkamah Konstitusi (MK) soal sengketa Pilgub Jatim hari ini, Rabu (19/11) digelar kembali. Tim advokasi Ka-Ji telah siap dengan bukti-bukti kuat terkait kecurangan dan penggelembungan suara pada Pilgub putaran kedua, 4 November lalu.

    Cagub Khofifah Indar Parawansa mengatakan, timnya telah menyiapkan segala sesuatu yang butuhkan pada persidangan hari ini. Bukti-bukti yang telah dikumpulkan juga semakin kuat untuk memperkuat posisi pasangan Ka-Ji.

    “Persiapan kami sudah maksimal. Semua saya serahkan kepada tim advokasi. Insya Allah bukti-bukti yang kami kumpulkan cukup kuat,” kata Khofifah di Jakarta, Rabu.

    Selain menghadirkan alat bukti, kata Khofifah, sejumlah saksi juga akan dihadirkan di persidangan untuk memperkuat bukti-bukti yang ada. “Ya kami mohon doa dari semua pendukung Ka-Ji, semoga semua usaha yang dilakukan diberi kelancaran,” jelasnya.

    Ditanya soal peluang pasangan Ka-Ji di MK, mantan Mantan Menteri Pemberdayaan Perempuan ini, tetap yakin bahwa gugatannya ke MK akan menuai hasil, yaitu kemenangan bagi pasangan Ka-Ji.

    “Perjuangan ini belum selesai. Segala daya dan upaya harus kita kerahkan. Tak ada kata menyerah. Insya Allah perjuangan ini akan menuai hasil,” jelas Ketua Umum Muslimat NU ini. [bj2]

    Balas
  • 2. Mahfud  |  November 25, 2008 pukul 6:26 am

    Jika MK hanya menghitung angka saja, tanpa melihat kecurangan sebagai pertimbangan (seperti C1 yang dikreasi sendiri, TPS gelap, C1 yg di TIP-EX, kartu dicoblos kepala desa atau PPK dll). maka keputusan MK sama dengan mengesahkan dan melegalkan kecurangan asal menang. Padahal ini sengketa Pilgub Pertama yang masuk ke MK. Dan, putusan MK akan jadi pijakan sengketa pilkada lain setelah Jatim.

    Balas
  • 3. kajimanteb  |  November 25, 2008 pukul 12:11 pm

    Namanya Terseret, Mahfud MD Membantah

    Jakarta-Nama Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD disebut-sebut dalam rekaman percakapan yang diajukan tim kuasa hukum Kaji. Mahfud diyakini bakal mendukung pasangan Karsa.

    Dalam persidangan sengketa Pilgub Jatim di MK, Jakarta, Selasa (25/11/2008), majelis hakim panel yang diketuai Maruarar Siahaan memutar rekaman percakapan telepon yang diajukan kuasa hukum Kaji.

    Rekaman berdurasi 15 menit itu terjadi pada tanggal 13 November lalu. Percakapan dilakukan anggota tim sukses Kaji, Edi Sucipto, dengan Kepala Desa Pesanggrahan, Kecamatan Kwanyar, Kabupaten Bangkalan, Madura, Mohammad Nizar Zahro.

    Berikut isi sebagian percakapan tersebut:

    Edi: Ini nanti kalau ke MK ini ganti karsa yang menang bagaimana kira-kira, ee apa Kaji yang menang…

    Nizar: Ini lho Mas Edi ya. Prediksi politik saya MK itu kan Mahfud MD. Mahfud MD itu asal orang Sampang. Dia sangat dekat sekali dengan bos saya, Bapak Fuad Amin. Sungguh sangat ironis sekali kalau Pak Mahfud membatalkan kemenangan Karsa. Saya yakin dengan feeling politik saya. Si Fuad ini sudah jitu feeling politiknya. Saya yakin tetap dimenangkan Karsa. Kalau pun diulang itu hanya TPS-TPS yang tidak mempengaruhi.

    Untuk diketahui, nama Fuad Amin yang disebut dalam percakapan tersebut adalah Ketua Dewan Syuro DPW PKB Jatim kubu Gus Dur, Fuad Amin Imron yang mendukung tim Karsa.

    Menanggapi rekaman tersebut, salah satu kuasa hukum Kaji, Muhammad Asrun, mengatakan percakapan tersebut merefleksikan kemenangan Karsa. “Kita punya bukti transfer rekaman itu dari HP ke CD. Jadi bisa diuji. Kita siap apabila dites. Kami menjamin validitasnya,” ujarnya.

    Sementara itu, kuasa hukum KPU Jatim, Fahmi Bachmid, menyatakan keberatannya. “Percakapan itu terjadi pada 13 November. Sedangkan pemilu terjadi 4 november dan rekapitulasi hasil penghitungan suara pada 11 November. Ini rekayasa. Tidak ada satu pun angka dalam pembicaraan itu yang membuktikan bahwa pemohon mengalami kehilangan suara,” paparnya.

    Usai mendengarkan percakapan, sidang ditutup dan akan dilanjutkan pada Selasa (2/12/2008) mendatang dengan kemungkinan akan memanggil kedua pihak untuk didengarkan kesaksian.

    Sementara itu, Ketua MK Mahfud MD yang disebut-sebut dalam rekaman percakapan antara anggota tim sukses Kaji dan salah seorang kepala desa di Madura ketika dikonfirmasidengan tegas membantah jika dirinya tidak netral.

    “Saya sebelumnya sudah mengetahui rekaman itu kemarin. Sayalah yang menyuruh rekaman itu diputar dalam persidangan agar ini clear,” kata Mahfud yang ditemui di ruang kerjanya di lantai 15 gedung MK Jakarta, Selasa. Mahfud menyatakan tidak akan mempermasalahkan orang yang menyebut-nyebut namanya. “Tidak masalah, orang menyebut saya akan dihubungi oleh seseorang yaitu Fuad Amin yang merupakan teman baik saya. Memang kalau ke Madura saya disuguhi makanan di rumahnya. Semuanya, Khofifah, Saifullah itu teman saya,” tutur mantan politisi PKB ini.

    “Jadi sebelum MK memutuskan perkara, rekaman itu harus diperdengarkan dulu,” imbuh Mahfud.

    Apakah Fuad Amin pernah menghubungi Bapak? “Saya tidak ingin menjawab itu, saya tidak menggiring opini. Kita lihat saja keputusan MK nanti. Saya menutup HP atau tamu jika ada orang terkait kasus ini,” tukas Mahfud.[Inilah.com/bj2]

    Balas
  • 4. indah  |  Januari 14, 2009 pukul 4:41 am

    di BANGKALAN, seluruh PNS n Keluarga diWAJIBkan u/ memilih pasangan KARSA. tidak ada bukti nyata, karna itu diperintah langsung dari si “empunya”. kalo tidak mk akan dimutasi n dilakukan tindakan yg mempersulit jabatan. akan byk kecurangan yg terjadi di TPS BKL jd akan sulit sekali KAJI menembus suaranya kecuali anggota KPU diganti dgn org yg netral n waras. Tp sy berdoa u kebaikan semua…….

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

November 2008
S S R K J S M
    Des »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

Most Recent Posts


%d blogger menyukai ini: