Inilah Gubernur Baru Jatim

November 25, 2008 at 1:55 am Tinggalkan komentar

Inilah Gubernur Baru Jatim
Mari Legowo Menerima Keputusan MK
R Ferdian Andi R

INILAH.COM, Jakarta – Siapakah Gubernur Jawa Timur 2009-14? Mahkamah Konstitusi akan memutuskannya, Selasa (25/11) ini. Apapun keputusan MK, layaknya pihak-pihak bersengketa menerima dengan lapang dada. Agar Jatim bisa damai.

MK, Selasa ini, memang akan memutuskan perkara ini. Kubu Khofifah Indar Parawansa-Mudjiono (KaJi) yang kalah tipis pada proses Pilkada, membawa soal ke MK karena menduga terjadi kecurangan-kecurangan. Mereka, misalnya, meminta penghitungan ulang di 25 kabupaten/kota dan dugaan penggelembungan suara pasangan Soekarwo-Syaifullah Yusuf (KarSa).

Tuntutan tim KaJi ini terkait dengan keputusan KPU Provinsi Jawa Timur yang menetapkan pasangan Soekarwo-Syaifullah Yusuf (KarSa) sebagai pemenang dalam Pilkada Jatim dengan mengantongi suara 7.729.994 (50,20%). Sedangkan pasangan Khofifah Indar Parawansa-Mudjiono (KaJi) meraih dukungan suara sebanyak 7.669.721 (49,80%). KarSa memenangi di 22 kabupaten/kota, sedangkan KaJi memenangi di 16 kabupaten/kota.

Tim KaJi mempersoalkan selisih angka perolehan antara mereka dan KarSa. Selain itu, tim KaJi juga menuntut perhitungan ulang di 25 kabupaten/kota yaitu Sidoarjo, Kota Pasuruan, Probolinggo, Banyuwangi, Situbondo, Lumajang, Jember, Kota Batu, Malang.

Penhitungan ulang juga didesak dilakukan di Kabupaten Tulungagung, Kota Kediri, Pacitan, Magetan, Ngawi, Nganjuk, Kota Mojokerto, Madiun, Kota Madiun, Bojonegoro, Lamongan, Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep.

Masyarakat Jawa Timur berharap, apapun keputusan MK atas sengketa Pilkada, semua pihak harus menerimanya untuk tetap menjaga suasana Jatim yang kondusif. “Apapun keputusan MK, Jawa Timur harus tetap aman dan kondusif,” kata HM Madini Faropuq, Ketua DPRD Jember, Jawa Timur, kepada INILAH.COM, Senin (24/11) di Jember.

Gus Mamak, demikian ia sering disapa, menegaskan siapapun yang terpilih sebagai gubernur Jatim, masyarakat tidak mempersoalkannya. “Siapapun gubernurnya, masyarakat Jawa Timur tidak mempersoalkannya,” katanya.

Sebagai daerah yang memiliki karakter keras, semua elit masing-masing pasangan harus mampu meredam kepentingan kelompok dan golongan. Hal yang sama disampaikan Ketua DPRD Jawa Timur Fathorrasjid. “Setiap pertandingan pasti ada pemenangnya. Dan siapapun pemenangnya itu adalah pilihan rakyat Jawa Timur,” kata Fathorrasjid kepada wartawan di Gedung DPRD, Jalan Indrapura, Surabaya.

Menurut Fathorrasjid, masyarakat Jatim harus bisa menerima keputusan itu karena hakim MK adalah hakim yang independen. Selain itu, hasil keputusan MK merupakan keputusan yang bisa dipertanggungjawabkan.

Sementara pengasuh Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang, Jawa Timur KH Sholahuddin Wahid juga berharap siapapun pemenang pilkada Jatim dalam putusan MK, semua pihak harus legowo. “Harapannya semua pihak harus legowo atas keputusan MK,” katanya.

Meski demikian, Gus Sholah, demikian ia sering disapa, juga berharap keputusan MK mencerminkan rasa keadilan bagi semua pihak. Menurut dia, jika keputusan MK dicederai, maka akan berdampak ketidakpercayaan publik terhadap sistem politik di Indonesia. “MK harus independen dan berani. Jika tidak maka akan membuat publik semakin apatis terhadap sistem kita,” katanya.

Apapun keputusan MK, kedua belah kubu dan pendukung harus mematuhinya. Selain keputusan MK bersifat final dan mengikat, sikap legowo dan mengedepankan pembangunan Jatim harus muncul dari masing-masing kelompok. [I4]

Sumber : Inilah.com

Iklan

Entry filed under: berita, poltik, quick count, Uncategorized. Tags: .

Fatayat NU: Jangan Pilih SBY! Gugatan KaJi di MK

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

November 2008
S S R K J S M
    Des »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

Most Recent Posts


%d blogger menyukai ini: