PBNU: Akibat Birokrat Kekuasaan Berpihak

November 27, 2008 at 11:12 am Tinggalkan komentar

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menilai kekisruhan yang sering terjadi dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) karena keterlibatan dan keberpihakan birokrasi kekuasaan. Begitu juga dalam pemilihan Gubernur (Pilgub) di Jawa Timur.

“Sejak awal saya telah mengingatkan, seringnya terjadi kerawanan di banyak Pilkada disebabkan terlibatnya kekuasaan dan birokrasi dalam pemihakan,” kata Ketua Umum PBNU KH Hasyim Muzadi kepada wartawan di kantornya, Jl Kramat Raya, Jakarta, Kamis (27/11/2008).

Hal tersebut, menurut Hasyim, terasa juga di Pilgub Jatim seperti yang terungkap dalam persidangan di Mahkamah Konstitusi (MK) yang menunjukkan tingkat keterlibatan birokrasi di tingkat bawah. Juga turunnya beberapa Menteri ke Jatim, pengamanan yang berlebihan, cara pejabat-pejabat Jatim mengambil posisi dan sebagainya telah membantu opini masyarakat Jatim tentang Pilkada yang baru berlangsung.

Hal ini, lanjut Hasyim, tidak mudah dibantah melalui pernyataan tidak ada intervensi. “Tetapi saya yakin pemerintah Jatim mampu mengatasi keadaan dan seharusnya memang begitu, karena arus kerawan itu tidak berasal dari masyarakat murni di Jatim,” jelasnya.

Hasyim mengajak masyarakat untuk tenang dan menunggu penyelesaian konflik pilkada di MK. MK dituntut untuk memberikan rasa keadilan, apakah MK berhenti pada keputusan legal formal yang “kering” ataukah berjuang untuk menegakkan kejujuran dan rasa keadilan masyarakat.

“Semoga rasa keadilan terakomodasi karena kalau tidak, sudah tidak ada lagi lembaga yang diharapkan menghilangkan kecurangan pemilu di negeri ini,” harapnya.

Hasyim berharap, apa yang menjadi rentetan sejumlah pilkada yang berlangsung di Indonesia tidak mempengaruhi masyarakat dalam Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden 2009 nanti.

“Semoga Pilpres yang akan datang tidak lebih kasar dari Pilgub Jatim. NU sebagai lembaga moral akan terus berjuang agar Indonesia mempunyai Pemilu yang clear dan clean,” pungkasnya.(zal/irw)

Iklan

Entry filed under: berita, jawa timur, ka-ji, pilkada, poltik, quick count, Uncategorized. Tags: , , , .

Awas! Eksperimentasi Pilkada Jatim Pilgub Jatim sarat kecurangan sistematis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

November 2008
S S R K J S M
    Des »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

Most Recent Posts


%d blogger menyukai ini: