3 Kekuatan Besar NU Kawal Ka-Ji

Januari 15, 2009 at 6:01 am Tinggalkan komentar

SURABAYA-Menjelang coblosan ulang Pilgub Jatim di Kab. Bangkalan dan Sampang Rabu (21/1) mendatang terjadi perubahan peta politik menarik. Tiga kekuatan besar NU ternyata menyatu mengawal pasangan Khofifah Indar Parawansa-Mudjiono (Ka-Ji) untuk memenangkan Pilgub Jatim.

Tiga kekuatan itu adalah Ketua Dewan Syura DPP PKB KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang secara khusus mengirim putrinya Yenny Wahid ke Madura, KH Hasyim Muzadi selaku pengasuh Pondok Pesantren Al-Hikam Malang, dan Ketua Umum DPP PKNU Drs Choirul Anam (Cak Anam). Tiga kekuatan inilah yang punya basis massa kuat di Madura. Mereka ini pula yang membawa kejayaan PKB sejak awal berdirinya.

Selain itu, masih ada kekuatan partai-partai pendukung yang sebagian punya basis massa kuat di Madura. Misalnya, PPP dengan tokohnya seperti KH Alawy Muhammad. Ka-Ji juga punya kader Muslimat NU yang basis massanya sangat mengakar hingga tingkat desa. Massa Muslimat NU ini dikenal sangat loyal kepada Khofifah.

Bergabungnya Yenny Wahid pada barisan Ka-Ji diungkapkan langsung oleh Khofifah di Posko Deltasari, Rabu (14/1) kemarin. Menurut Khofifah, Yenny Wahid tak hanya memberikan dukungan, tapi juga akan ikut bersama Ka-Ji selama massa kampanye. Salah satunya di Pulau Gili Mandangin, Kamis hari ini.

Saya sudah ketemu Mbak Yenny. Mbak Yenny tak hanya mendukung. Beliau juga akan hadir dalam kampanye Ka-Ji di Pulau Gili Mandangin. Ini akan jadi energi baru bagi Ka-Ji, kata mantan Menteri Pemberdayaan Perempuan di era Presiden Gus Dur ini.

Khofifah juga mengaku telah bertemu langsung dengan Gus Dur di Jakarta, Senin lalu. Pada pertemuan tersebut, mantan Ketua Umum PBNU itu berharap Ka-Ji yang terpilih sebagai Gubernur Jatim.  Saat saya ketemu Beliau (Gus Dur), responnya sangat baik. Beliau berharap saya bisa menjadi pemimpin di Jatim,  ungkap Khofifah.

Soal dukungan KH Hasyim Muzadi kepada Ka-Ji tak perlu diragukan lagi.

Bahkan, kabar yang terdengar sejak awal munculnya nama Khofifah dan Mudjiono, pengasuh Pondok Pesantren Al- Hikam Malang itulah yang mengeluarkan ide agar Khofifah maju sebagai calon gubernur dengan menggandeng pasangan dari unsur TNI.

Dalam beberapa forum pertemuan, mantan Ketua PWNU Jatim itu terlihat sangat lantang menyuarakan dukungan pada Ka-Ji. Dukungan itu, katanya, bukan hanya untuk memenangkan Khofifah, tapi tokoh NU kelahiran Tuban ini juga ingin mempertahankan Jatim sebagai basis kekuatan NU dengan menjadikan kader NU sebagai gubernur.

Kalau semua mendukung Khofifah jangan dukungan itu diniatkan untuk memenangkan Khofifah, tapi demi NU, ungkapnya saat menghadiri acara malam puncak peringatan 1 Muharram di Jl. Wijaya Kusuma, Sampang, Sabtu malam lalu.

Saatnya NU Memimpin

Sementara itu, peran dan dukungan Cak Anam—panggilan akrab Drs Choirul Anam untuk memenangkan pasangan Ka-Ji juga sangat besar. Jaringannya yang sangat luas dan kemampuan dalam bidang strategi mengantarkan Ka-Ji lolos ke putaran kedua dan menang pada gugatan sengketa Pilgub Jatim di Mahkamah Konstitusi.

Dukungan Cak Anam terhadap Khofifah didorong oleh ikatan ke-NU-an. Dikatakan Cak Anam, sejak zaman kemerdekaan, Jatim yang mayoritas warga NU belum pernah dipimpin oleh kader NU. Dan, Khofifah adalah kader NU yang layak jadi pemimpin Jatim.

NU mayoritas di Jatim. Karena itu, kader NU seharusnya menjadi pemimpin di Jatim, kata Cak Anam pada acara istighotsah yang digelar PKNU di Lapangan Parkir Gelora Delta Sidoarjo, berapa waktu lalu.

Bersatunya tiga kekuatan NU itu membuat kubu Ka-Ji yakin menang pada coblosan ulang di Bangkalan dan Sampang. Khofifah mengatakan, jika Ka-Ji menang maka kemenangan itu adalah kemenangan NU. Kami yakin, perjuangan ini akan mengantarkan kader NU sebagai gubernur Jatim, kata Khofifah. (amh)

Iklan

Entry filed under: berita, jawa timur, ka-ji, ka-jimanteb, Kar-sa, Karsa, mahkamah konstitusi, MK, pilkada, politik, quick count, Uncategorized. Tags: , , , .

Aneh, 65 Orang Umurnya 100 Tahun Semua Kiai Fuad Sidogiri pun Dukung Ka-Ji

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Januari 2009
S S R K J S M
« Des   Feb »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Most Recent Posts


%d blogger menyukai ini: