Panwas Adukan Fuad Amin ke Menpan

Januari 18, 2009 at 9:31 am Tinggalkan komentar

SURABAYA-Sikap Bupati Bangkalan Fuad Amin Imron yang secara terang-terangan mendukung calon gubernur Soekarwo (KarSa) dalam coblosan ulang Pilgub Jatim di Kab. Bangkalan direaksi keras oleh Panwas Jatim. Apalagi Bupati Fuad Amin juga kampanye untuk KarSa.

Untuk itu anggota Panwas Jatim, Abdullah Bufteim, dengan tegas menyatakan, bahwa apa yang dilakukan Fuad Amin sebagai pelanggaran Undang-Undang. Dijelaskan, dalam UU No. 32/2004 dan UU No. 12/2008 tentang Pemda disebutkan bupati/walikota atau kepala daerah dan PNS tegas dilarang berkampanye untuk kandidat dalam pilkada.

Maka dari itu kami akan layangkan teguran sekaligus merekomendasikan laporan ke Menpan (Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara) agar ditindak sesuai dengan hukumnya. Sebab ini jelas pelanggaran,tandasnya, kemarin.

Apa yang dilakukan Bupati Fuad Amin juga dinilai sebagai penyalahgunaan wewenang. Apalagi, keberpihakan itu disertai instrumen yang berbau money politics. Yakni dengan rencana bagi-bagi kambing dan sapi ke berbagai TPS saat coblosan ulang meski dalihnya untuk memancing kehadiran pemilih. Namun demikian faktanya bagi-bagi kambing tersebut cenderung berbau money politics sebab hal itu dilakukan Fuad Amin sambil mengajak warga untuk memenangkan KarSa.

Dengan demikian, sangat sulit membedakan hadiah tersebut sebagai imbalan untuk datang ke TPS atau merayu pemilih agar mencoblos KarSa. Selain itu, posisi Fuad juga sulit dibedakan antara perannya sebagai tim sukses dengan kepala daerah (bupati).

Selain hadiah kambing tersebut, kini muncul lagi kabar adanya intimidasi terhadap Sekdes di Bangkalan di mana jika di desa Sekdes bersangkutan KarSa kalah, maka Sekdes bersangkutan akan dibatalkan pengangkatannya sebagai PNS.
Jika sinyalemen-sinyalemen itu ada dan bisa dibuktikan secara otentik, maka jelas itu pelanggaran dan jelas-jelas penyalahgunaan wewenang sebagai pejabat publik. Kecuali jika Fuad Amin cuti, kata Sekjen Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP), Rikson Nababan.

Lebih lanjut dikatakan jika di lapangan benar-benar ditemukan fakta seperti itu semestinya Panwas Pilgub tidak boleh tutup mata atau malah pura-pura tidak tahu. Panwas harus pro-aktif. Kebijakan seperti itu harus dilaporkan ke Panwas atau Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara,tegasnya.

Rikson dalam statemennya juga mengajak kedua pasangan agar memberikan pendidikan demokrasi dan politik yang baik dan elegan ke masyarakat. Semestinya masyarakat Madura jangan dieskploitasi dan terus dibodohi dengan rayuan, ancaman, dan perilaku politik negatif lainnya. Baik KarSa ataupun Ka-Ji harusnya sadar bahwa proses politik jangan dinodai dengan perilaku seperti itu. Ini demi masa depan bangsa ini, tandasnya.

Seperti diketahui, Bupati Bangkalan, Fuad Amin Imron selain kampanye untuk Karsa, juga berjanji menyediakan hadiah kambing di masing-masing desa di Bangkalan, pada pemungutan suara ulang yang akan digelar 21 Januari 2009.
Dalihnya, hal itu dilakukan untuk meningkatkan kehadiran para pemilih ke tempat pemungutan suara (TPS) pada saat pelaksanaan pemungutan suara berlangsung.

Minimal masing-masing desa, kami siapkan satu ekor kambing dan nantinya akan diundi pemenangnya, kata Fuad Amin di Bangkalan, Sabtu lalu. Selain kambing, juga akan disediakan hadiah sapi, bagi wilayah kecamatan yang tingkat kehadiran pemilihnya mencapai 90 persen. Hadiah seperti itu sangat mungkin disalahgunakan untuk kepentingan agar masyarakat mencoblos KarSa.

Iklan

Entry filed under: berita, jawa timur, ka-ji, ka-jimanteb, Kar-sa, Karsa, mahkamah konstitusi, MK, pilkada, politik, quick count, Uncategorized. Tags: , , .

Kiai Fuad Sidogiri pun Dukung Ka-Ji 9 Jawaban untuk Pilgub Jatim

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Januari 2009
S S R K J S M
« Des   Feb »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Most Recent Posts


%d blogger menyukai ini: