9 Jawaban untuk Pilgub Jatim

Januari 19, 2009 at 6:36 am Tinggalkan komentar

PASURUAN — Menyikapi permasalahan dukungan terhadap pasangan calon Gubernur Jawa Timur yang akan berlangsung di Bangkalan dan Sampang Madura, mendapat respon positif dari KH Fuad Nurhasan, Majelis Keluarga Ponpes Sidogiri, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan.Bahkan, Kiai Fuad dengan pernyataannya mendukung pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Mudjiono.

Tak hanya itu, Kiai Fuad melalui juru bicaranya Ustadz Zainullah Makhrus dan Suwandi Makhfud, meminta warga Nahdliyin khususnya di kawasan Kabupaten Bangkalan dan Kabupaten Sampang agar mendukung pasangan yang didukung penuh oleh NU. Karena satu satunya calon dari NU yang dihantarkan sebagai calon Gubernur Jawa Timur dan bukan sebagai wakil calon gubernur.

Berikut wawancara khusus Duta dengan KH Fuad Nurhasan dari Ponpes Sidogiri Pasuruan, disampaikan melalui juru bicaranya, dalam sembilan jawaban.

1. Dalam Pilgub Jatim, di Madura dilakukan pemilihan ulang sesuai dengan Putusan Mahkamah Konstitusi (MK). Bagaimana pandangan Kiai Fuad soal peran serta warga dalam menggunakan hak pilihnya?

Dalam hal ini kami mendukung sepenuhnya pencalonan ibu Khofifah sebagai calon Gubernur, karena satu satunya calon yang didukung NU, Karena nantinya bukan sebagai wakil namun sebagai calon Gubernur.

2. Di Madura, kita tahu, mayoritas warganya adalah kaum santri, khususnya Nahdliyin. Dalam hal ini, adakah imbauan khusus Kiai Fuad soal kecenderungan memilih kepemimpinan di Propinsi Jawa Timur?

Kecenderungan dan menghimbau agar warga Madura khususnya warga Nahdliyin untuk memilih calon yang didukung oleh NU. Karenanya dukungan itu diwujudkan dalam memilih dan jangan lakukan golput.

3. Secara umum dalam Konferensi Besar dan Munas Alim Ulama di Bagu Lombok pada 1997 telah merekomendasi masalah kepemimpinan yang tak lagi mempersoalkan peran perempuan sebagai pemimpin. Lalu, belakangan para kiai seperti melupakan Keputusan Munas Alim Ulama itu. Bagaimana pandangan Kiai?

Pandangan itu, tidak ada masalah bagi warga negara untuk mencalonkan sebagai calon Gubernur meski dari kalangan perempuan. Hal ini sesuai dengan dukungan NU yang tidak mempermasalahkan calon dari perempuan.

4. NU memang tidak berpolitik praktis, tapi kader-kadernya mempunyai hak berpolitik yang sama dengan warga negara lainnya. Di antara kader terbaik NU, Khofifah Indar Parawansa, kini sedang bertarung dalam Pilgub Jatim. Khofifah yang juga Ketua Umum PP Muslimat NU, selain direkomendasi PBNU (dalam hal ini ketua umum PBNU KH A Hasyim Muzadi) juga mendapat restu tersendiri dari Rais Aam PBNU KH Muhammad Ahmad Sahal Mahfudh. Pendapat Kiai Fuad dalam kasus ini, apakah hal itu menyalahi Khittah Nahdliyah?

Sebagai warga negara siapapun bisa mencalonkan dan dicalonkan, karena itu hak sebagai warga negara. Restu dari Kiai adalah biasa, karena siapapun yang akan mencalonkan tentunya akan direstui dan tentunya secara pribadi dan bukan kelembagaan hal itu tidak menyalahi Khittah.

5. Menurut tokoh-tokoh PBNU, yang dibutuhkan di Propinsi Jawa Timur sesungguhnya adalah seorang Gubernur dari NU, bukan wakil. Ini menjadi persoalan tersendiri di masyarakat, khususnya warga Nahdliyin. Bagaimana Kiai menilai masalah ini?

Yang jelas, dalam masalah dukungan, tentunya warga NU tidak menginginkan calon seorang wakil Gubernur, namun lebih baiknya dukungan diperuntukkan untuk calon Gubernur.

6. Dalam perjalanan sejarahnya, NU dalam menegakkan kebenaran dan kejayaan Islam ala Ahlussunnah Waljamaah, tidak bisa menerima pandangan atau aliran seperti Marxisme-Komunisme. Belakangan, ada beredar gambar kaos oleh anak-anak muda yang kebetulan bergambar “Palu Arit”. Nah, bagaimana solusi agar warga NU tidak terjangkiti kegandrungan terhadap paham yang jelas-jelas bertentangan dengan Islam itu?

Karenanya warga masyarakat khususnya warga NU, tidak terprovokasi atau terpengaruh ajaran ajaran yang menyimpang dari Islam. Tentunya yang dipahami saat ini aliran aliran yang tidak segaris dengan Ahlusunnah Waljamaah.

7. Yang justru lebih membahayakan, di Madura juga beredar dokumen yang menyebutkan seseorang yang telah lama berada di Birokrasi Pemerintahan di Jawa Timur, ternyata anak kandung PKI. Menurut Kiai, bisakah diterima akal bila negara kita yang mengharamkan PKI (dilarang sesuai dengan TAP MPR), dalam kursi pemerintahan di Jawa Timur?

Permasalahan itu, kami tidak mengetahui secara persis mengenai dokumen tersebut. Namun semunya biar masyarakat atau pemilih nantinya bisa menilai mana calon yang benar benar terbaik yang merupakan orang NU dan didukung oleh NU.

8. Adakah harapan kiai, khususnya di kalangan Umat Islam, agar bisa membentengi diri dari serbuan paham atau aliran lain, khususnya PKI?

Kalangan umat Islam dalam membentenginya dengan mempererat tali silaturahmi dan ukhuwah Islamiyah. Tentunya harus diwaspadai tentang aliran-aliran yang membahayakan NU.

9. Selain itu, imbauan yang perlu diberikan kepada masyarakat, agar menjaga ketenangan dan kondisi yang kondusif di Jawa Timur.

Yang perlu dilakukan oleh masyarakat saat ini, agar pelaksanaan Pilgub di Jawa Timur berjalan dengan kondusif, transparan dan sehat. Jangan ada pertikaian diantara masyarakat dalam aksi dukung mendukung. Tentunya, jangan ada gejolak yang mengarah pada perpecahan ummat karena ini wujud demokrasi untuk memilih calon Gubernur yang sesuai dengan harapan masyarakat Jawa Timur. (zi)

Iklan

Entry filed under: Uncategorized. Tags: , , , , , , .

Panwas Adukan Fuad Amin ke Menpan Ribuan Pemilih Tak Diberi Undangan Coblosan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Januari 2009
S S R K J S M
« Des   Feb »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Most Recent Posts


%d blogger menyukai ini: