Ribuan Pemilih Tak Diberi Undangan Coblosan

Januari 20, 2009 at 3:24 am Tinggalkan komentar

Jelang Pilgub ulang di Sampang-Bangkalan, ribuan pemilih tak diberi undangan coblosan. Anehnya, ulah tak fair play itu terjadi di daerah basis pasangan Khofifah-Mudjiono (Ka-Ji). Ada kecurangan apa lagi?

Bertanding dengan jujur dan fair tampaknya menjadi pantangan bagi pihak-pihak yang melakukan kecurangan pada putaran dua lalu. Buktinya, memasuki H-2 coblosan ulang di Bangkalan dan Sampang, ribuan pemilih di daerah-daerah yang menjadi basis pendukung Ka-Ji tidak diberi undangan coblosan.

Hal ini mengindikasikan akan terulangnya lagi kecurangan secara sistematis yang dilakukan oknum pendukung salah satu pasangan calon. Sehingga, fakta ini patut dicurigai sebagai upaya sabotase sistematis untuk melibas pendukung Ka-Ji.

Dari pantauan dan laporan masyarakat menunjukkan, memasuki H -2 kemarin, masih banyak kartu undangan pemilih belum sampai pada masyarakat yang berhak menerimanya.

Ironisnya, kartu undangan pemilih yang belum banyak diberikan ini sebagian besar terjadi di daerah-daerah yang menjadi basis pendukung pasangan Ka-Ji.

Data yang berhasil dihimpun, daerah yang ‘disabotase’ tersebut antara lain di Kecamatan Omben, Sokobenah, Banyuates, Ketapang, Camplong, Kedungdung, dan Kecamatan Kota Sampang.

Di Kecamatan Sokobenah, informasi dari H Nono disebutkan banyak masyarakat di Desa Tamberu Laok, Tamberu Timur, Tamberu Barat, dan Bira Tengah yang merupakan daerah basis Ka-Ji, belum menerima kartu undangan pemilih.

“Padahal, pada Pilgub putaran dua lalu, masyarakat di empat desa itu mendapat undangan pemilih. Tapi kenapa pada Pilgub putaran tiga ini hingga H -2 kemarin belum menerima surat undangan pemilih. Ada apa ini?” tanya H Nono.

Dikatakannya, terkait ketidakberesan pembagian surat undangan pemilih ini pihaknya telah melaporkan pada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) setempat.

“Kami akan terus tindaklanjuti, karena sampai saat ini belum ada tindaklanjut yang jelas. Dan, hasil laporan di 4 desa itu sampai H-2 kemarin, ini masyarakatnya masih belum menerima undangan pemilih,” jelasnya.

Sementara itu, data dari KPUD setempat, jumlah pemilih (jumlih) di Kecamatan Sokobenah sebanyak 42.679 suara. Di Desa Bira Tengah 6.274 suara, Desa Tamberu Laok (3.098 suara), Desa Tamberu Timur (1.562 suara), dan Desa Tamberu Barat (2.519).

Perubahan TPS
‘Sabotase’ yang sama diungkap tokoh PPP Kecamatan Omben, Usman. Dikatakannya, ada tiga desa di kecamatan Omben, yakni Temoran, Kamondung, dan Gersempal yang merupakan basis pasangan Ka-Ji, hingga H -2 masyarakatnya belum menerima undangan pemilih.

“Yang paling mencolok ketidakberesannya ada di Desa Gersempal, selain banyak masyarakat belum menerima undangan pemilih, juga ada perubahan tempat pemungutan suara (TPS),” katanya.

Usman mencontohkan TPS A diubah lokasinya pada TPS B, sebaliknya TPS B lokasinya diubah pada TPS A. Sehingga, jarak lokasi TPS semakin jauh. Tujuannya jelas, agar masyarakat pemilih di basis Ka-Ji malas pergi ke TPS untuk nyoblos,” urai Usman.

Lain lagi modus yang digunakan di kecamatan Kota Sampang. Sekadar informasi, di kecamatan ini sejak putaran satu dan dua, pasangan Ka-Ji selalu unggul telak. Namun, kini juga ‘disabotase’ dengan banyaknya pendukung Ka-Ji yang belum menerima kartu undangan pemilih.

Selain itu, juga terdapat dugaan pengkondisian undangan pemilih kosong. Jumlahnya mencapai 170 surat undangan pemilih.

“Kejadian undangan pemilih kosong itu di RT/RW 02/01 Kampung Seruni, Kelurahan Rong Tengah, Kota Sampang,” katanya.

Lanjut Usman, warga setempat bernama Ufak yang menerima ratusan undangan pemilih kosong mengaku bingung karena tiba-tiba mendapat dan diberi ratusan undangan pemilih kosong dari seseorang yang tidak dikenal.

“Saat ini ratusan kartu undangan pemilih kosong itu masih diamankan di rumah warga bernama Ufak,” jelas Usman.(dik)

——————–
ADA SABOTASE PEMILIH DI SAMPANG
Kecamatan yang Diduga Disabotase
Omben, Sokobenah, Banyuates, Ketapang, Camplong, Kedungdung, dan Kota.

Desa yang Diduga Disabotase
– Kecamatan Sokobenah
Desa Tamberu Laok, Desa Tamberu Timur, Desa Tamberu Barat, Desa Bira Tengah.
– Kecamatan Omben
Desa Temoran, Desa Kamondung, Desa Gersempal

Jumlah Pemilih di Kecamatan Sokobenah
(Versi KPU Sampang)
Total di Kec. Sokobenah : 42.679
Desa Bira Tengah : 6.274
Desa Tamberu Laok : 3.098
Desa Tamberu Timur : 1.562
Desa Tamberu Barat : 2.519

Iklan

Entry filed under: Uncategorized. Tags: , , , , , .

9 Jawaban untuk Pilgub Jatim Kapolda Temukan 4 Pemilih di Bawah Umur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Januari 2009
S S R K J S M
« Des   Feb »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Most Recent Posts


%d blogger menyukai ini: