Di Sampang, 2.300 Undangan Tak Disebar

Januari 23, 2009 at 5:38 am Tinggalkan komentar

SAMPANG – Kajimanteb
Ketua Tim Pemenangan Ka-Ji Manteb Kabupaten Sampang, Mukyan Hasbullah SIp membeber hasil temuan pelanggaran pada saat coblosan ulang di Kabupaten Sampang, Rabu (21/1) lalu.

Mantan anggota DPRD Sampang dari PKB itu menuturkan, setidaknya ada sembilan pelanggaran yang sangat mempengaruhi suara pasangan Khofifah-Mudjiono di Kabupaten Pimpinan Noer Tjahja tersebut.

Pertama, data Daftar Pemilih Tetap (DPT) tidak sesuai dengan Pilgub putaran kedua. Sehingga, ribuan masyarakat di basis Ka-Ji tidak bisa mencoblos. Kedua, beberapa warga pendukung KarSa di Kecamatan Karang Penang mencoblos lebih dari satu kali.

Ketiga, terjadinya money politic oleh tim KarSa di 14 kecamatan. Salah satu contoh di Kecamatan Kota Sampang, di RT 02 RW 03 Gang Kelinci Kelurahan Rong Tengah.

Warga setempat diberi uang masing-masing Rp 20 ribu, lalu di kampung Kamboja RT 01 RW 01 warga diberi Rp 1 juta untuk dibagikan, dan di Desa Pulau Mandangin masing-masing warga diberi Rp 10 ribu.

Keempat, penumpukan TPS jadi satu di Desa Asem Rajeh Kecamatan Jrengik. 3 TPS (TPS 1, 2, dan 3) ditumpuk dalam satu lokasi tepatnya di halaman masjid dengan jarak antar TPS hanya 1 meter.

Kelima, 2.300 undangan pemilih di basis Ka-Ji Desa Pulau Mandangin tidak diberikan. Sehingga, masyarakat pendukung Ka-Ji tidak dapat mencoblos untuk memberikan hak pilihnya.

Selanjutnya, kartu C1 KWK di TPS 1 Desa Bapele ada di kotak suara TPS 1 Desa Sawah Tengah Kecamatan Robatal. Lalu, di Desa Tragih Dusun Terbeng kartu undangan ditarik kembali oleh oknum aparat desa.

Berikutnya, di Desa Pulau Mandangin kartu surat suara diberi tanda nomor. Tujuannya, agar warga yang nyoblos KarSa ketahuan. Dan terakhir, di Kecamatan Tambelangan dan Robatal, kartu undangan diberi kupon berhadiah dengan tujuan memilih pasangan KarSa.

“Data pelanggaran ini kami mempunyai bukti dan saat ini sedang kami rekap. Selanjutnya tim
pemenangan Ka-Ji secepatnya akan menyampaikan secara resmi data pelanggaran Pilgub ulang ini pada Panwas Kabupaten Sampang, agar ditindak lanjuti,” terang Mukyan.

Dia berharap, setelah mendapat laporan resmi dengan bukti data yang kuat terkait pelanggaran Pilgub ulang, pihak Panwas Sampang segera menyikapi dan bertindak tegas.

“Setelah mendapat laporan resmi terkait pelanggaran, pihak Panwas harus segera menyikapi dan bertindak tegas. Karena segala bentuk pelanggaran dalam Pilgub ulang merusak alam demokrasi di Jawa Timur,” tegasnya.

Sementara Ketua Panwas Kabupaten Sampang, Hairul Multajam, saat dikonfirmasi beberapa waktu lalu menegaskan, akan menindak tegas jika memang ada laporan pelanggaran dalam pelaksanaan coblosan ulang di Kabupaten Sampang. Tapi, laporan itu harus dilengkapi dengan bukti data yang kuat dan valid.

“Jika memang ada laporan dengan bukti data yang lengkap, kami selaku Panwas akan menindak tegas dan menindaklanjuti ke proses hukum. Tapi, hingga saat ini Panwas belum menerima laporan terkait kegiatan money politic, baik dari masyarakat dan tim sukses salah satu pasangan calon,”
tegas Hairul saat dikonfirmasi via telepon selulernya.(win)

——————-
PELANGGARAN SELAMA COBLOSAN ULANG

1. DPT tidak sesuai data putaran kedua.
2. Pendukung KarSa di Kecamatan Karang Penang mencoblos lebih dari satu kali.
3. Terjadi money politic oleh tim KarSa di 14 kecamatan. Bagi-bagi uang Rp 10-20 ribu per warga.
4. Penumpukan TPS jadi satu di Desa Asem Rajeh Kecamatan Jrengik.
5. 1000 undangan pemilih di basis Ka-Ji Desa Pulau Mandangin tidak diberikan.
6. Kartu C1 KWK di TPS 1 Desa Bapele ada di kotak suara TPS 1 Desa Sawah Tengah Kecamatan Robatal.
7. Di Desa Pulau Mandangin kartu surat suara diberi tanda nomor.
8. Di Desa Tragih Dusun Terbeng kartu undangan ditarik kembali oleh oknum aparat desa.
9. Di Kecamatan Tambelangan dan Robatal, kartu undangan diberi kupon berhadiah.

Iklan

Entry filed under: Uncategorized. Tags: , , , , , .

1.096 TPS = KaJi 114.117 – KarSa 180.245 Suara Ka-Ji Usut Pelanggaran

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Januari 2009
S S R K J S M
« Des   Feb »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Most Recent Posts


%d blogger menyukai ini: