Mundur, Mantan Kapolda Jatim Minta Kasus Pilgub Diusut Tuntas

Maret 16, 2009 at 1:38 pm Tinggalkan komentar

Jakarta – Meski telah mengajukan surat pengunduran diri dari kepolisian, mantan Kapolda Jatim Irjen Pol Herman Surjadi Sumawiredja menuntut kasus Pilkada Jatim yang menjerat Ketua KPU Jatim Wahyudi Purnomo, tetap dilanjutkan.

“Saya menuntut kasus tersebut yang sudah dihentikan, dilanjutkan agar jangan terjadi kecurangan lagi ke depan. Polisi bisa dipercaya oleh rakyat,” kata Herman dalam jumpa pers di Hotel Grand Kemang, Jakarta, Senin (16/3).

Kasus terkait manipulasi penyusunan surat suara tersebut, lanjut Herman, merupakan suatu hal yang baik bagi Polri untuk dapat dijadikan patokan terhadap kecurangan yang terjadi dalam berbagai pilkada.

Apakah ini, tanyanya, terjadi di putaran ketiga di kabupaten Bangkalan dan Sampang saja atau terjadi di daerah lain di Indonesia. “Siapa desainer pengatur perolehan suara. Saya tidak menuduh atau memihak siapa pun?” cetusnya.

Selain itu, Herman menampik tudingan pengajuan pensiun dini dirinya karena telah diganti sebagai kapolda Jatim dan ingin masuk ke parpol. Ia mengaku dirinya ingin ‘bebas’ berbicara dalam hal kebenaran.

“Kalau masih polisi, harus melalui kadiv dahulu. Saya tidak mengatakan bahwa kepolisian juga memihak salah satu pasangan gubernur,” imbuhnya.

Seperti diberitakan, serah terima jabatan Kapolda Jatim dilakukan 19 Februari 2009 kepada Brigjen Anton Bahrul Alam. Sehari setelahnya, Herman mengaku mengirimkan surat pengunduran diri. Namun hingga kini dia belum mendapat surat permohonannya dikabulkan.

Kabarnya, pergantian Herman dari kapolda Jatim karena dirinya menetapkan Ketua KPU Jatim Wahyudi Purnomo sebagai tersangka atas dugaan pemalsuan DPT di Bangkalan dan Sampang. Karena itu Polri menggantinya dan menganulir status tersangka Wahyudi.

Iklan

Entry filed under: Uncategorized. Tags: , , , , , , , , .

Hukum Jangan Berpihak pada Kekuasaan Ada Intervensi dari Bareskrim

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Maret 2009
S S R K J S M
« Feb   Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Most Recent Posts


%d blogger menyukai ini: