Ada Intervensi dari Bareskrim

Maret 17, 2009 at 5:34 am Tinggalkan komentar

JAKARTA – Kajimanteb
Langkah mantan Kapolda Jatim, Herman S. Sumadiredja mundur dari Polri menegaskan kalau Pilgub Jatim lalu penuh kecurangan. Dia masih dibayang-bayangi soal penanganan kasus rekayasa DPT.

Berikut kutipan wawancara Herman dengan sejumlah wartawan usai acara jumpa pers di Hotel Grand Kemang, Jl Kemang Raya, Jakarta Selatan, Senin (16/3).

Apa sebenarnya alasan anda mundur dari Polri?
Pertama, saya ingin menjadi orang bebas. Saat ini saya tidak mendapat jabatan, dan mendapat gaji buta. Di sana (Mabes) ngapain? Tidak ada kursi dan meja, dan atasan tidak jelas. Sekali lagi saya kecewa. Saya juga tidak masuk partai dan tidak jadi caleg.

Jadi ini terkait Pilgub Jatim?
Kasus ini seharusnya diteruskan, karena yang penting, ini dalam proses Pilkada Jatim ini ada indikator, ada sesuatu dari Jakarta ke Jatim.

Bisa cerita soal indikasi kecurangan?
Kita mendapat laporan dari (Cagub) Khofifah Indar Parawansa pada 23 Januari, dan proses penyelidikan dimulai. Kemudian kita menemukan data di Bangkalan dan Sampang ada 1,24 juta suara dan kita menemukan 345 ribu atau 27 persen data tidak benar.

Dan dari 2.768 buku DPT, yang berhasil penyidik kumpulkan 368 buku itu terdaftar 128.390 suara pemilih. Dari sini setelah kita cross check 29.948 pemilih tidak benar dan itu sudah dicetak.

Dari hasil ini kita merasa mendapatkan permulaan bukti. Kemudian tim penyidik sudah sepakat ini ada tindak pidana tentang pemalsuan DPT

Itu yang membuat anda menetapkan Ketua KPUD Jatim sebagai tersangka?
Kita anggap dia mengetahui, dan kasus ini harus diteruskan penyelidikannya. Sekurang-kurangnya Wahyudi (Wahyudi Purnomo, Ketua KPUD Jatim saat itu) membantu.

Soal sikap Mabes Polri?
Waktu penyelidikan berjalan, Dir intel dipanggil pada 9 Februari dan diminta pemaparan di Mabes Polri, tapi bukan dipuji justru sebaliknya. Kemudian saya diperingatkan agar tidak reaktif. Hingga kemudian saya diganti, saya juga tidak mengerti saya diganti.

Sebenarnya tidak ada masalah, karena yang penting penyelidikan ini saya sudah serahkan ke Kapolda baru (Anton Bachrul Alam), tetapi ada intervensi dari Bareskrim agar kasus ini dihentikan. Padahal ini kasus bagus karena bisa membuktikan polisi yang dipercaya masyrakat.

Apa sebenarnya yang ingin anda sampaikan melalui pengunduran diri ini?
Pertanyaannya apakah kasus ini hanya terjadi di Bangkalan dan Sampang? Apakah modus-modus semacam ini juga terjadi di Indonesia. Modus ini bisa dilakukan di Indonesia. Jadi merusak suara rakyat, demokrasi itu gampang dioperasionalkan itu yang ingin diungkap.

Bukan karena anda dekat dengan pasangan Ka-Ji (Khofifah-Mujiono)?
Saya memang kenal Mujiono, kita sama-sama angkatan 1975, tapi saya tegaskan dia jadi gubernur atau tidak, itu tidak ada masalah. Intinya saya menemukan pelanggaran.

Bukankah MK sudah memutuskan kasus ini?
Karena itu MK harus meninjau ulang, MK terlau cepat mereject.

Jika benar pemalsuan DPT terjadi, saran anda untuk mencegahnya?
DPT itu harus dibuka dan bisa diketahui seluruh rakyat. Dan itu harus ada di situs KPUD sehingga masyarakat, LSM bisa mengecek benar atau tidak. Ini untuk kepentingan rakyat.

Saya tidak berpolitik, tapi kalau kecurangan itu terjadi ini kejahatan politik dan polisi harus menuntaskan kejahatan ini.

Rencana anda setelah mundur?
Mungkin jadi dosen.(win)

Entry filed under: berita, jawa timur, ka-ji, ka-jimanteb, Kar-sa, mahkamah konstitusi, MK, pilkada, politik, poltik, quick count, Uncategorized. Tags: , , .

Mundur, Mantan Kapolda Jatim Minta Kasus Pilgub Diusut Tuntas Khofifah: Jajaran Kepolisian Harus Refleksi

Tinggalkan Balasan

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Maret 2009
S S R K J S M
« Feb   Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Most Recent Posts


